Waspadalah! Malware SharkBot Dapat Mencuri Uang Anda

NEAMalware Android baru telah ditemukan yang menyerang aplikasi terkait perbankan di smartphone Anda. Peneliti cybersecurity telah menemukan trojan yang disebut “SharkBot,” yang mencuri uang dari HP Android pengguna.

Malware Android SharkBot telah menyerang pengguna di seluruh Eropa dan Amerika Serikat. Ini terutama berfokus pada mencuri uang melalui aplikasi Android.

Malware SharkBot Menyerang Aplikasi Perbankan di Android

Para peneliti keamanan siber telah mengeluarkan pernyataan tentang SharkBot, dengan mengatakan

 “Tujuan utama SharkBot adalah untuk memulai transfer uang dari perangkat yang disusupi melalui teknik Sistem Transfer Otomatis (ATS) melewati mekanisme otentikasi multi-faktor.”

ATS adalah Sistem Transfer Otomatis, teknik serangan canggih yang baru di Android. Ini memungkinkan penyerang untuk mengisi kolom secara otomatis di aplikasi mobile banking legal dan mentransfer uang dari telepon.

Tim mengatakan, mekanisme tersebut digunakan untuk menerapkan identitas verifikasi dan otentikasi pengguna.

Malware SharkBot memiliki tingkat deteksi yang rendah oleh solusi antivirus karena beberapa teknik anti-analisis diterapkan.

Setelah penyerang berhasil menginstal SharkBot di perangkat korban, mereka bisa mendapatkan semua detail kue sensitif melalui penyalahgunaan layanan aksesibilitas. Mereka mendapatkan detail seperti kredensial, informasi pribadi, saldo saat ini, dan banyak lagi.

SharkBot adalah generasi baru malware seluler, karena dapat melakukan serangan ATS di perangkat. Sudah, teknik ini terlihat di trojan perbankan lain seperti Gustuff.

Penyerang memasang aplikasi berbahaya di perangkat dengan menggunakan teknik pemuatan samping dan skema rekayasa sosial.

Sebelumnya pada bulan Oktober, peneliti keamanan siber dari Cleafy dan ThreatFabric menemukan malware setelah salah satu domain digunakan untuk server perintah dan kontrolnya. Malware didistribusikan sejak saat itu. Dikatakan bahwa SharkBot adalah botnet pribadi dan masih dalam tahap awal pengembangan.

Jadi, waspadalah terhadap aplikasi perbankan semacam itu di HP Android.

Tinggalkan komentar