Cara Mengatasi Laptop Kena Virus Terbaru 2021, Windows 10!

NEA – Jika Anda mencurigai atau mengetahui bahwa Anda sudah terinfeksi virus komputer di PC Windows 10 Anda. Cara mengatasi laptop kena virus sangat lah mudah dan gampang. Anda dapat menggunakan dan memanfaatkan aplikasi antivirus Laptop & PC untuk mengatasi hal tersebut. Sehingga Anda dapat melakukan pemindaian, pemantauan waktu nyata, bahkan analisis file dan proses heuristik sehingga ancaman baru dapat diidentifikasi.

Namun, bahkan antivirus terbaik pun tidak 100 persen berhasil. Perangkat yang telah disusupi oleh malware dapat masuk ke jaringan Anda, orang dapat secara pribadi menempatkan malware pada sistem, dan beberapa malware tidak aktif, menunggu untuk menyerang. Rekayasa sosial dan skema phishing dapat menipu orang agar Anda mengklik atau mengunduh tautan atau lampiran yang terinfeksi.

Nah, untuk lebih lanjut lagi mengenai cara mengatasi laptop kena virus maka Anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Mengenal Apa Itu Virus Laptop ?

Cara menghilangkan virus di laptop windows 10

Virus Laptop atau disebut juga dengan Malware adalah sebuah software yang dibuat oleh seseorang yang bertujuan untuk merusak sistem komputer seperti jaringan dan server. Hal ini sangat merugikan kepada salah satu pihak dan menguntungkan untuk pihak lainnya.

Baca Juga : Pengertian Antivirus, Fungsi, dan Cara Kerja Antivirus Komputer

Virus laptop ini siapa saja bisa terkena seperti lembaga pemerintah, perusahaan bahkan sampai komputer pribadi. Virus ini terjadi karena Anda secara tidak sengaja mengunduh file yang sebenarnya itu adalah Malware. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang Anda dapat berhati-hati saat mau mengunduh aplikasi di internet.

Daftar Cara Mengatasi Laptop Kena Virus

Cara menghilangkan virus di laptop accer

Ada beberapa cara mengatasi laptop kena virus yang dapat Anda lakukan secara mudah dan gampang.Terkadang, sulit untuk mengetahui kapan Anda terkena virus komputer. Ada banyak tanda yang harus Anda waspadai—kinerja yang sangat lambat di mana begitu PC di-zip, browser pop-up ketika tidak ada browser yang terbuka, peringatan menakutkan dari program keamanan yang tidak Anda install.

1. Update Software Antivirus

Cara menghilangkan virus di Laptop Windows 10 yang pertama adalah mengupdate software Antivirus. Dengan mengupdate software tersebut maka Anda dapat mengatasi masalah virus di komputer Anda.

Selain itu, Jika Anda memiliki Windows 10, Anda selalu memiliki antivirus gratis yang diinstal dalam bentuk Pusat Keamanan Microsoft Windows Defender (sebelumnya hanya disebut Windows Defender). Itu lebih baik daripada tidak sama sekali, dan mendapat pembaruan melalui fungsi pembaruan bawaan Windows 10. Tapi itu jauh dari sempurna. Sehingga cara mengatasi laptop kena virus bisa Anda lakukan sendiri.

2. Restart dan Pindai Ulang

Cara mengatasi laptop kena virus

Jika Anda telah menetapkan titik Pemulihan Sistem di Windows, saat malware menyerang dan tidak dapat diperbaiki, gunakan kesempatan ini untuk menyetel ulang sistem. Cara mengatasi laptop kena virus ini adalah cara yang paling wort it.

Baca Juga : 7 Antivirus Terbaik untuk iPhone (iOS) Gratis & Ringan!

Selanjutnya, Anda dapat mem-boot ulang langsung ke Microsoft Defender bawaan yang disertakan dengan Windows 10. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Perbarui & Keamanan > Keamanan Windows > Perlindungan virus & ancaman . Jika Anda menjalankan antivirus pihak ketiga, Anda akan melihatnya di sini, ditambah opsi untuk mengaktifkan Microsoft Defender untuk “pemindaian berkala” yang tidak akan mengganggu kerja real-time dari antivirus yang Anda install.

3. Install Ulangan Sistem Operasi

Anda mungkin sedikit gugup menggunakan Norton Power Eraser, dengan alasan yang bagus. Muncul dengan peringatan bahwa itu sama agresifnya dengan masalah, dan oleh karena itu risiko kerusakan tambahan tinggi.

Setelah itu, mempertaruhkan beberapa program tidak sia-sia dibandingkan dengan menjalankan full reset Windows 10 factory reset Windows 10 factory reset atau melakukan opsi “nuklir” yang sebenarnya untuk memformat ulang hard drive Anda dan menginstal ulang sistem operasi dan semua program Anda memiliki gambar cadangan instalasi Windows 10 bersih Anda yang dapat Anda gunakan untuk pemulihan.

Melakukan itu semakin tidak perlu, terutama dibandingkan dengan hari-hari gelap sebelum Windows 7, tetapi tetap merupakan metode yang layak untuk mengatur ulang sistem, tanpa malware. Namun, jika Anda melakukan hal ini alangkah baik Anda haruslah membackup data data yang penting. Dengan begitu data data Anda tidak akan hilang

4. Hapus Program yang Tidak Penting

Cara mengatasi laptop yang kena virus adalah menghapus program – progam yang tidak penting. Dengan melakukan hal ini, kemungkinan besar virus di laptop Anda akan hilang. Anda dapat mengecek satu per satu sampai menemukan program atau software yang tidak Anda kenal.

Baca Juga : 7 Antivirus Terbaik untuk Mac OS [Aman & Gratis]

Namun, untuk mengecek program atau software yang ada di Laptop maka Anda dapat melakukan dengan cara membuka This PC > Computer > Uninstall or change a program. Cari dan hapus software yang mencurigakan atau mungkin Anda sendiri tidak mengenal nya.

5. Reset Browser Pada Laptop

Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya virus itu terdapat pada browser. Mungkin Anda tidak secara sengaja meng-klik link ataupun sejenisnya padahal isinya itu sebuah virus. Dengan begitu, secara otomatis laptop Anda akan terasa lemot dan berat saat Anda gunakan. Cara ini sangat mudah dan gampang Anda hanya mengikuti beberapa langkah saja.

Baca Juga : 7 Antivirus Terbaik untuk iPhone (iOS) Gratis & Ringan!

Berikut cara mengreset browser pada laptop secara mudah gampang.

Google Chorme :

  • Pertama, buka software Chorme terlebih dahulu.
  • Kedua, pilih Settings.
  • Ketiga, cari dan pilih Advance.
  • Keempat, pilih Reset and Clean Up.
  • Kelima, pilih Clean Up Komputer.
  • Keenam, pilih Find.
  • Ketujuh, jika mendapatkan sebuah virus atau malware pilih Remove.
  • kedelapan, Anda sudah bisa mengreset browser Chorme yang ada di Laptop.

Mozilla Firefox :

  • Pertama, buka software Mozilla Firefox.
  • Kedua, pilih menu Help.
  • Ketiga, pilih Troubleshooting Information.
  • Keempat, pilih Refresh Firefox.
  • Kelima, Anda sudah bisa mengreset Mozilla Firefox secara mudah dan gampang.

Microsoft Edge :

  • Pertama, buka menu Start yang ada pada pojok kiri bawah.
  • Kedua, pilih Apps and Features.
  • Ketiga, cari dan pilih Microsoft Edge – Advanced Options.
  • Keempat, pilih Reset.
  • Kelima, Anda sudah bisa mengreset Microsoft Edge pada Laptop.

Ciri Ciri Laptop Kena Virus

Perlu Anda ketahui terdapat beberapa ciri laptop yang sudah terkena virus. Dengan mengetahui ciri tersebut, Anda dapat mengatasi atau menghilangkan virus yang ada pada laptop atau komputer. Cara mengatasi laptop kena virus ini bisa Anda tanganin sendiri dengan mengetahui ciri-ciri yang ada dibawah ini.

Berikut beberapa ciri laptop kena virus yang perlu Anda ketahui.

  • Banyak Popup yang muncul.
  • Sering kali terjadinya Redirect.
  • Tiba-tiba muncul notifikasi berbahaya.
  • Tools tidak dapat digunakan.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai cara mengatasi laptop kena virus terbaru kali ini. Semoga informasi bisa mengatasi masalah Anda.

Tinggalkan komentar