Apple Menjadi Merek Laptop Terpopuler Ketiga Setelah HP & Dell

NEA – Dengan beralih ke prosesor seri M1, Apple mendekati pangsa pasar saingan PC yang lebih besar di ruang notebook, menurut data penelitian terbaru. Apple MacBook Air dan MacBook Pro sekarang menguasai 24% pasar laptop rumah tangga, yang menempatkannya sedikit di belakang 27% Dell dan sekitar 10 poin di depan Acer dan Lenovo.

Meskipun Apple mengejar Dell, mereka berdua masih tertinggal di belakang HP, yang memimpin dengan 35%. Ini berarti Apple 11 poin di belakang pemimpin notebook di AS, menurut firma riset Finbold , yang mengutip data survei dari Statista. Data itu didasarkan pada kepemilikan rumah tangga, dan bukan pada laporan penjualan triwulanan baru-baru ini.

Bilah sentuh di MacBook Pro.

Peringkat ketiga Apple adalah lompatan signifikan dari dua tahun lalu. Menurut Aithority Technology Insights , divisi notebook Apple mengalami pertumbuhan tahun-ke-tahun 23% pada tahun 2020 jika dibandingkan dengan angka penjualan dari tahun 2019. Menurut data tahun 2016 dari TrendForce, Apple berada di posisi keempat dengan hanya 10,3% dari pangsa pasar notebook. menempatkannya di belakang HP, Lenovo, Dell, dan Asus.

Beberapa pertumbuhan Apple di ruang PC dapat dikaitkan dengan pandemi coronavirus, di mana permintaan untuk notebook dan desktop melonjak ketika orang dipaksa untuk bekerja dan belajar dari rumah di tengah penguncian. Setelah bertahun-tahun mengalami stagnasi, pandemi mengantarkan kebangkitan baru di ruang PC dan notebook karena pengguna membutuhkan alat yang lebih kuat untuk bekerja dari rumah.

Popularitas jajaran MacBook Apple juga diuntungkan dari transisi perusahaan baru-baru ini dari chip Intel ke silikon berbasis ARM internal. Investasi Apple dalam meluncurkan seri prosesor M1-nya sendiri telah membuahkan hasil, karena laptop perusahaan kuat dan efisien. Data Statista diterbitkan pada 22 Oktober, yang berarti bahwa angka penjualan untuk MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci yang didukung M1 disertakan — kedua produk tersebut diluncurkan pada tahun 2020 — tetapi MacBook Pro 14 inci dan MacBook Pro 16 inci yang lebih bertenagapenjualan kemungkinan besar tidak disertakan. Kedua laptop baru ini baru mulai dikirimkan baru-baru ini, dan keduanya ditenagai oleh chip M1 Pro dan M1 Max yang bahkan lebih kuat. Jika momentum Apple berlanjut dengan model-model baru ini, itu berpotensi melompati Dell untuk menjadi yang kedua dalam pangsa pasar notebook.

Keunggulan HP yang sehat di ruang angkasa adalah karena desain, kinerja, dan harga perusahaan, menurut Finbold. Tidak seperti Apple, perusahaan juga menjual lebih banyak variasi laptop yang melayani segmen pasar yang berbeda seperti game, pendidikan, dan profesional kreatif. Notebook Apple, secara umum, dipandang lebih mahal. Laptop termurah perusahaan, MacBook Air, mulai dari $ 999.

Tinggalkan komentar