Pengertian Antivirus, Fungsi, dan Cara Kerja Antivirus Komputer

Definisi Antivirus: Software yang dibuat khusus untuk membantu mendeteksi, mencegah dan menghapus malware (malicious software).

Pengertian Antivirus adalah sejenis perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mencegah, memindai, mendeteksi, dan menghapus virus dari komputer. Setelah diinstal, sebagian besar perangkat lunak antivirus berjalan secara otomatis di latar belakang untuk memberikan perlindungan waktu nyata terhadap serangan virus.

Program perlindungan virus yang komprehensif membantu melindungi file dan perangkat keras Anda dari malware seperti worm, Trojan horse, dan spyware, dan mungkin juga menawarkan perlindungan tambahan seperti firewall yang dapat disesuaikan dan pemblokiran situs web.

Jenis Umum Ancaman Dunia Maya

Seiring dengan berkembangnya Internet of Things (IoT), risiko kejahatan dunia maya untuk ponsel dan perangkat lain yang terhubung ke internet juga meningkat, bukan hanya komputer pribadi Anda. Menurut Laporan Ancaman Keamanan Internet Symantec 2018, malware untuk perangkat seluler termasuk spyware, ransomware, dan virus meningkat 54% pada 2017; dan pelanggaran data dan pencurian identitas juga meningkat.

Apa itu malware?

Malware, kependekan dari “malicious software”, adalah istilah umum yang mengacu pada berbagai program perangkat lunak yang dirancang untuk merusak atau melakukan tindakan lain yang tidak diinginkan pada komputer, server, atau jaringan komputer Contoh umum termasuk virus, spyware, dan trojan horse. Malware dapat memperlambat atau merusak perangkat Anda atau menghapus file. Penjahat sering menggunakan malware untuk mengirim spam, mendapatkan informasi pribadi dan keuangan, dan bahkan mencuri identitas Anda.

Apa itu spyware?

Spyware adalah jenis malware yang menempel dan bersembunyi di sistem operasi komputer tanpa izin Anda untuk membuat perubahan yang tidak diinginkan pada pengalaman pengguna Anda. Ini dapat digunakan untuk memata-matai aktivitas online Anda dan dapat menghasilkan iklan yang tidak diinginkan atau membuat browser Anda menampilkan situs situs web atau hasil pencarian tertentu.

Apa itu phising?

Serangan phishing menggunakan email atau situs web palsu untuk mencoba mengelabui Anda agar memberikan informasi pribadi atau keuangan untuk menyusupi akun atau mencuri uang dengan menyamar sebagai entitas yang dapat dipercaya. Mereka mungkin mengklaim ada masalah dengan informasi pembayaran atau bahwa mereka telah melihat aktivitas di akun dan meminta Anda untuk mengeklik tautan atau lampiran dan memberikan

Program Antivirus dan Software Perlindungan Komputer

Program antivirus dan perangkat lunak perlindungan komputer dirancang untuk mengevaluasi data seperti halaman web, file, software, dan aplikasi untuk membantu menemukan dan membasmi malware secepat mungkin.

Sebagian besar memberikan perlindungan waktu nyata, yang dapat melindungi perangkat Anda dari ancaman yang masuk; memindai seluruh komputer Anda secara teratur untuk mengetahui ancaman yang diketahui dan memberikan pembaruan otomatis; dan mengidentifikasi, memblokir, dan menghapus kode dan software berbahaya.

Karena begitu banyak aktivitas yang sekarang dilakukan secara online dan ancaman baru terus bermunculan, sangatlah penting untuk menginstal program antivirus pelindung. Untungnya, ada sejumlah produk unggulan di pasaran saat ini untuk dipilih.

Apa Fungsi Antivirus?

pengertian antivirus
Gambar: New England Americana via Shutterstock

Program antivirus dirancang untuk melindungi komputer Anda dari malware, istilah yang digunakan untuk menggambarkan perangkat lunak berbahaya. Perangkat lunak berbahaya, termasuk virus, trojan, dan keylogger, dapat menghapus file Anda, memperlambat komputer Anda, dan mencuri data pribadi Anda.

Oleh karena itu, memilih program antivirus yang baik sangat penting. Dengan begitu banyak program antivirus yang tersedia di pasaran, mungkin membantu untuk memahami beberapa fungsi yang dilakukan antivirus sehingga Anda dapat membandingkannya.

Masih mengacu pada pengertian antivirus, fungsi antivirus adalah:

Perlindungan Real Time

Sebagian besar program antivirus menawarkan perlindungan waktu nyata. Ini berarti bahwa program antivirus melindungi komputer Anda dari ancaman yang masuk. Akibatnya, bahkan jika virus belum menginfeksi komputer Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk memperoleh program antivirus untuk tujuan mencegah infeksi di masa mendatang.

Deteksi Ancaman

Sebagian besar program antivirus menawarkan deteksi ancaman. Ini berarti bahwa program antivirus dapat memindai seluruh komputer Anda untuk mencari virus. Tidak semua program antivirus dibuat sama dan beberapa program antivirus memiliki tingkat deteksi yang lebih tinggi daripada yang lain.

Pembaruan Otomatis

Sebagian besar program antivirus menawarkan pembaruan otomatis. Pembaruan otomatis penting karena program antivirus yang ketinggalan zaman tidak akan dapat mendeteksi virus terbaru. Selain itu, jika program antivirus hanya menawarkan pembaruan manual, Anda mungkin lupa memperbarui program antivirus dan komputer Anda mungkin terinfeksi virus baru.

Peringatan

Sebagian besar program antivirus memiliki kemampuan untuk memperingatkan Anda ketika sebuah program mencoba mengakses komputer Anda. Contohnya adalah aplikasi online. Banyak program yang mencoba mengakses komputer Anda tidak berbahaya atau diunduh secara sukarela dan dengan demikian program antivirus akan memberi Anda pilihan untuk mengizinkan atau mencegah akses.

Fungsi Tambahan

Tergantung pada aplikasi antivirus, mungkin melakukan sejumlah fungsi tambahan. Ini mungkin termasuk perlindungan email keluar, perlindungan pesan instan, perlindungan pencurian identitas dan pemblokiran pop-up.

Bagaimana Cara Kerja Antivirus?

Mengacu pada pengertian Antivirus, software antivirus mulai beroperasi dengan memeriksa program dan file komputer Anda terhadap database jenis malware yang diketahui. Karena virus baru terus-menerus dibuat dan didistribusikan oleh peretas, virus ini juga akan memindai komputer untuk kemungkinan jenis ancaman malware baru atau yang tidak diketahui.

Biasanya, sebagian besar program akan menggunakan tiga perangkat deteksi yang berbeda: deteksi khusus, yang mengidentifikasi malware yang diketahui; deteksi generik, yang mencari bagian atau jenis malware atau pola yang diketahui yang terkait dengan basis kode umum; dan deteksi heuristik, yang memindai virus yang tidak dikenal dengan mengidentifikasi struktur file yang mencurigakan. Ketika program menemukan file yang berisi virus, biasanya program akan mengkarantina dan/atau menandainya untuk dihapus, membuatnya tidak dapat diakses dan menghilangkan risiko pada perangkat Anda.

Tinggalkan komentar