WhatsApp Business VS Facebook Messenger [Perbandingan Lengkap]

NEA – Strategi layanan pelanggan yang baik adalah kekuatan pendorong utama yang membawa bisnis menaiki tangga kesuksesan. Dengan munculnya teknologi, bisnis telah beralih ke dua platform media sosial terbaik, Facebook dan WhatsApp.

Pengguna Facebook dan WhatsApp meningkat pesat dan merupakan salah satu kekuatan pendorong fundamental dari revolusi bisnis. Perbedaan WhatsApp Business dan Facebook Messenger sangat terletak pada tampilan, fasilitas, dan kemudahan aksesnya.

Sekitar 1,3 miliar orang menggunakan Facebook Messenger dan 1 miliar orang menggunakan WhatsApp setiap hari. Tidak diragukan lagi, keduanya adalah alat terbaik bagi bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. Keduanya adalah platform pesan instan yang memastikan koneksi yang lancar dan mulus dengan pelanggan.

Meskipun keduanya merupakan platform yang bagus untuk bisnis, beberapa pertanyaan perlu dijawab saat memutuskan mana yang lebih baik. Pertanyaan seperti “Apa perbedaan antara Facebook Messenger dan WhatsApp Business?” penting untuk dipahami.

WhatsApp Business dan Keunggulannya untuk Pengalaman Pelanggan 

Waktu yang dihabiskan pengguna di perangkat smartphone meningkat setiap hari. Jumlah pengguna di WhatsApp juga meningkat dengan kurva yang curam. Ini menawarkan pengaruh bagi bisnis untuk mencari peluang dan terhubung dengan basis pelanggan mereka untuk berbagi pembaruan produk atau layanan mereka. 

WhatsApp Business bebas untuk menggunakan instalasi dan telah muncul menjadi alat yang hebat dari keahlian menjual, penyedia solusi, dan mitra bisnis untuk semua perusahaan. Keuntungan utama menggunakan WhatsApp Business adalah:

  • Pengguna sudah hadir dan aktif di platform, memungkinkan bisnis untuk memperluas jangkauan mereka dengan mulus.
  • Menjadi platform yang menggunakan enkripsi ujung ke ujung, ini aman untuk bisnis dan pelanggan.
  • Biasanya, ini adalah pendekatan dua arah untuk berhubungan dengan pelanggan. Bahkan dengan pendekatan proaktif, itu tidak mengganggu dan memungkinkan pelanggan potensial untuk merespons sesuai kenyamanan mereka.
  • Penggunaan chatbot WhatsApp untuk terhubung dengan pelanggan di luar jam kerja adalah salah satu fitur yang membuat pelanggan tetap terlibat dan mendapat informasi pada saat yang bersamaan.

Facebook Business dan Keuntungannya untuk Pengalaman Pelanggan 

Facebook Business adalah alat hebat lainnya untuk terhubung dengan pelanggan melalui platform media sosial . Memungkinkan bisnis membuat halaman bisnis terpisah, menjalankan iklan, dan promosi untuk pelanggan, Facebook Business menawarkan komunikasi yang lancar dengan memberi informasi kepada pelanggan.

Memasang chatbot di messenger yang dapat berkomunikasi dengan pelanggan juga merupakan pilihan yang bagus. Manfaat signifikan menggunakan layanan Facebook Business dan Messenger adalah:

  • Ini menawarkan integrasi situs web tanpa batas yang memungkinkan pelanggan menavigasi situs induk dan mencari opsi dan varian yang tersedia.
  • Perusahaan dapat bertukar pesan atau terhubung secara online dengan mudah dengan Messenger, memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan lingkungan yang lancar dan menyenangkan.
  • Platform ini lebih fokus pada otomatisasi. Ketika pelanggan melihat salah satu produk yang terdaftar di halaman, platform memulai berbagai opsi serupa di umpan untuk meningkatkan potensi penjualan.
  • Ini adalah alat pemasaran proaktif dengan fasilitas untuk mencari ulasan pembeli, dan iklan untuk meningkatkan keberadaan online. 

Pertanyaan yang masih berkaitan adalah “Apa perbedaan antara Facebook dan WhatsApp?” Jadi mari kita lihat perbedaan antara keduanya secara singkat:

Perbandingan: Facebook Messenger vs WhatsApp Business 

Salah satu pertanyaan paling umum yang mungkin dihadapi bisnis saat menyiapkan platform media sosial sebagai dukungan adalah menemukan jawaban untuk Facebook Messenger vs WhatsApp. Platform mana untuk memulai atau membangun dukungan? Pengguna harus membandingkan fitur-fitur penting yang ditawarkan oleh mereka untuk menjawab ini.

Jadi, perbedaan utama antara WhatsApp business dan Facebook messenger tercantum di bawah ini:

1. Aksesibilitas dan jangkauan

Aspek pertama yang harus dipertimbangkan oleh bisnis adalah aksesibilitas dan jangkauan. Facebook memiliki 2,6 miliar pengguna sementara WhatsApp memiliki 2 miliar pengguna, yang berarti mempertimbangkan Facebook Messenger vs WhatsApp 2020, Facebook lebih baik. Meskipun kedua angka tersebut secara eksplisit tinggi dan memastikan profitabilitas bisnis yang lebih baik, angka yang menawarkan jangkauan yang lebih luas lebih diinginkan untuk memperluas bisnis.

2. Waktu yang dihabiskan oleh pengguna di Facebook vs WhatsApp

Waktu yang dihabiskan pengguna di media sosial menawarkan peluang bisnis untuk menarik perhatian pelanggan di saluran itu dan terhubung dengan mereka. Ketika datang ke Facebook, pengguna rata-rata menghabiskan 19,5 jam per bulan sementara itu 19,4 jam per bulan untuk WhatsApp. 

Meskipun perbedaan waktunya tidak terlalu tinggi, Facebook memiliki sedikit keunggulan dibandingkan WhatsApp.

3. Privasi, enkripsi, dan keamanan

Apakah Messenger lebih aman daripada WhatsApp? Kekhawatiran terbesar pelanggan saat terhubung dengan bisnis online adalah keselamatan dan keamanan data mereka.

WhatsApp Business menawarkan enkripsi ujung ke ujung, verifikasi akun bisnis, dan transaksi pembayaran yang aman sebagai isyarat unik untuk bisnis. Di sisi lain, bisnis Facebook mengenkripsi pesan dari pengirim ke servernya dan sekali lagi mengenkripsinya dari server ke penerima.

Sama seperti WhatsApp, Facebook juga melakukan verifikasi akun bisnis. Namun, tidak setiap bisnis perlu memverifikasi. Bahkan, dalam beberapa kasus, bisnis Anda mungkin tidak memenuhi syarat untuk verifikasi (tergantung pada produk dan layanan yang Anda gunakan).

Mempertimbangkan fitur keamanan, WhatsApp lebih baik. Namun, Facebook memastikan bahwa fitur-fitur dasar digabungkan dan sangat terpelihara.

4. Mode tamu untuk non-pemegang akun

Salah satu kekhawatiran pelanggan adalah tentang berbagi informasi mereka. Untuk WhatsApp, ketika orang tersebut terhubung ke bisnis, detail kontak dibagikan pada saat itu juga. Namun di Facebook, detailnya tetap disembunyikan sampai pengguna ingin berbagi dan melanjutkan.

Jadi, bagi pengguna akhir yang ingin menyembunyikan kontak mereka, Facebook adalah pilihan yang lebih baik.

5. Kesesuaian kampanye

Last but not least, ini terkait dengan kegiatan promosi yang dilakukan bisnis untuk menjangkau klien potensial. Menurut Reuters Institute Digital Report 2020 , 36% orang mengunjungi Facebook untuk mengetahui tentang berita, kampanye, peluncuran, dan kolaborasi yang sedang berlangsung. Sementara hanya 16% yang mengunjungi WhatsApp untuk mengetahui detail yang sama. Namun, WhatsApp melihat tingkat buka dan tingkat respons yang tinggi terhadap pesan proaktif.

Kesimpulan – mana yang lebih baik: WhatsApp Business atau Facebook Messenger?

Bisnis dan merek menghadapi pertanyaan tentang konektivitas saat meluncurkan dukungan pelanggan mereka. Pengguna akhir lebih memilih platform yang mudah digunakan dan akses untuk mengetahui tentang bisnis dan produk mereka. Pada tahun 2021, 200 juta usaha kecil terdaftar di Facebook Business sedangkan unduhan WhatsApp Business berjumlah 50 juta .

Tidak diragukan lagi, Facebook Business memiliki pengaruh atas WhatsApp Business mengenai fitur dan fasilitas, tetapi menggunakan pendekatan omnichannel dapat menawarkan keuntungan bisnis dengan mengintegrasikan kedua platform menjadi satu. 

Bagaimanapun, pertanyaan pertama yang harus ditanyakan bisnis adalah di mana pelanggan mereka berada. Dan tawarkan dukungan di saluran itu terlebih dahulu sebelum memperluas ke platform lain.

Tinggalkan komentar