Apa Itu Asisten Suara AI? Pengertian Voicebot Secara Keseluruhan

NEA – Apa itu asisten suara, apa fungsinya, dan bagaimana Anda dapat mengubah dukungan pelanggan Anda dengannya? Baca lebih lanjut untuk mengetahui.

Kecerdasan buatan dapat membuat percakapan kehidupan nyata menjadi hidup. Sementara chatbots telah ada di pasar untuk beberapa waktu sekarang, asisten suara AI relatif merupakan kata kunci yang lebih baru.

Pasar pengenalan suara global akan menyentuh $27,16 miliar pada tahun 2025 dari $10,7 miliar pada tahun 2020. Sebuah laporan oleh Google juga menunjukkan bahwa hampir 27% dari populasi global online menggunakan pencarian suara di ponsel mereka. Dengan semakin populernya Alexa dan Siri, asisten suara telah mengubah cara orang menggunakan teknologi dan terhubung dengan merek dengan nyaman.  

Sekarang, bagaimana Anda membangun asisten suara untuk merek Anda sendiri? Sebelum kita menyelami bagaimana Anda bisa, mari kita pahami lebih banyak tentang bot asisten suara. 

Jadi, untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita lihat definisi asisten suara dan contoh yang membawa perubahan.

Pengertian Asisten Suara

asisten suara voicebot
Ilustrasi: Shutterstock

Asisten suara adalah perangkat/aplikasi yang menggunakan teknologi pengenalan suara, pemrosesan bahasa alami, dan AI untuk merespons manusia. Dengan menggunakan teknologi, perangkat mensintesis pesan pengguna, memecahnya, mengevaluasinya, dan menawarkan respons yang berarti sebagai balasannya.

Ada dua kategori asisten suara AI: satu untuk tujuan umum, dan yang lainnya adalah asisten suara bot. 

Merek asisten suara seperti Siri dan Alexa termasuk dalam kategori pertama. Sebaliknya, chatbot suara biasanya merupakan tipe kedua di mana asisten diintegrasikan ke dalam aplikasi/situs web untuk membantu penggunanya menavigasi layanan.

Tantangan saat Menggunakan Voicebot untuk Bisnis Anda

Meskipun pasar dibanjiri perangkat asisten suara, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum berinvestasi dalam voicebot AI untuk bisnis Anda. 

1. Pelatihan AI

Salah satu hal utama yang perlu diperhatikan saat menggunakan voicebot kecerdasan buatan adalah melatih AI dengan kumpulan data interaksi yang cukup besar dengan pelanggan. Tidak setiap bisnis mungkin memiliki akses ke interaksi dukungan yang terdokumentasi dengan baik yang dapat digunakan sebagai materi pelatihan untuk AI. 

2. Menemukan pengembang yang terampil 

Membangun voicebot bertenaga AI bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan pengembang berpengalaman. Tidak banyak yang terampil mengembangkan dengan AI. Menemukan bakat teknologi yang sempurna untuk voicebot Anda dapat menjadi masalah bagi beberapa bisnis.

3. Investasi dimuka 

Membangun voicebot untuk bisnis Anda jelas merupakan cara yang bagus untuk menghemat biaya operasional. Namun, penting untuk mempertimbangkan bahwa ini melibatkan pengeluaran uang di muka untuk menjalankan dan menjalankan bot. 

4. Masalah privasi

Dengan undang-undang privasi yang mengikuti teknologi, privasi data adalah salah satu topik terpanas saat ini. Penting untuk mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa voicebot AI yang Anda gunakan untuk bisnis Anda dapat mengumpulkan dan menyimpan detail pelanggan dengan aman.

Manfaat Asisten Suara

Tahukah Anda bahwa 32% konsumen menggunakan penelusuran suara untuk membeli langsung dari bisnis? Asisten suara dan bot suara membuat penjelajahan, konversi, dan pencarian dukungan pelanggan menjadi lebih mudah. 

Jadi, mengapa memilih asisten suara untuk bisnis Anda?

1. Lebih banyak kenyamanan bagi pengguna

Menggunakan voicebots adalah cara intuitif untuk membantu menjawab pertanyaan pelanggan yang menawarkan kenyamanan berbicara dengan seseorang dalam bahasa alami. 

Pelanggan dapat berbicara dengan voicebot seperti yang mereka lakukan dengan agen langsung untuk mencari dukungan. Semua tanpa perlu campur tangan manusia yang konstan untuk pertanyaan berulang. 

2. Resolusi yang lebih cepat dan disesuaikan

Voicebots dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan dan membantu pelanggan membuat keputusan yang tepat sepanjang waktu. Mereka dapat mengambil dari percakapan sebelumnya dan merancang jawaban dan resolusi yang dipersonalisasi yang paling sesuai dengan permintaan pengguna. 

Pengguna dapat mengakses asisten suara AI kapan saja untuk mendapatkan resolusi kueri secara instan. Ini menghilangkan waktu tunggu dan antrean dukungan yang menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih bahagia.

3. Mengurangi waktu penanganan

Salah satu metrik terpenting dalam dukungan pelanggan adalah waktu penanganan rata-rata atau AHT. Voicebots AI dapat membantu mengurangi waktu penanganan rata-rata secara drastis. Mengapa demikian? Karena waktu input dan output suara lebih sedikit daripada waktu yang dibutuhkan untuk mengetik query dan membaca respon di chatbot. Ini memudahkan beban staf pendukung Anda dan menghasilkan siklus resolusi yang lebih cepat.

4. Menurunkan biaya

Voicebot AI dapat menjawab banyak pengguna secara bersamaan tanpa melatih dan melengkapi staf pendukung untuk membantu mengelola volume tiket dukungan yang tinggi. Berkurangnya kebutuhan akan sumber daya manusia dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang. 

5. Presisi dan akurasi

Voicebots didukung oleh kecerdasan buatan yang terus-menerus belajar dari interaksi sebelumnya. Ini membuat voicebots lebih baik dalam menjawab volume permintaan pencarian yang lebih tinggi setiap saat. Dibangun di atas algoritme AI yang tajam, asisten suara sangat tepat dan akurat dengan jawaban mereka. 

6. Lebih banyak konversi

Voicebot AI dapat meningkatkan konversi dengan berinteraksi dengan pengguna sebelum mereka meninggalkan keranjang mereka. Itu dapat dengan cepat menanyakan dan mengukur kebutuhan pengguna untuk menghasilkan solusi terarah terbaik untuk kasus penggunaan mereka.  

Harapan Masa Depan Asisten Suara

Asisten suara AI ada di sini untuk tinggal dan berkembang. Mari kita lihat bagaimana bot suara dan aplikasinya akan dibentuk di masa depan.

1. Peningkatan relevansi kontekstual 

Memanusiakan percakapan melalui AI adalah prioritas utama bagi perusahaan. Merek akan fokus untuk melengkapi bot suara mereka dengan kemampuan untuk memahami maksud pengguna dan faktor kontekstual sebelum merespons. 

2. Pertumbuhan dalam adopsi asisten suara berbasis smartphone

Orang-orang saat ini lebih bergantung pada smartphone daripada sebelumnya. Tidak diragukan lagi, ini akan mengubah perilaku pencarian online. Asisten suara akan menawarkan alternatif yang lebih cepat untuk mengetik kueri di bilah pencarian atau menulis email untuk menerima dukungan. 

3. Peningkatan kompatibilitas dan interoperabilitas layanan

Asisten suara masa depan akan sangat ditentukan oleh kasus penggunaan. Bisnis memiliki kasus penggunaan dan persyaratan yang berbeda. Voice AI dapat dibuat khusus untuk memenuhi persyaratan tertentu dengan integrasi yang lancar dan opsi kompatibilitas. 

4. Privasi adalah yang terpenting

Merek akan menggunakan asisten suara yang dibuat dengan kepatuhan dan langkah-langkah keamanan yang kokoh. Privasi data adalah perhatian utama bagi pengguna. Mereka akan lebih memilih untuk menjangkau merek melalui bot suara yang membanggakan keamanan aplikasi yang kuat.  

Asisten suara AI – Cara utama untuk terhubung ke merek

Asisten suara mendapatkan daya tarik dengan kecepatan yang luar biasa, tumbuh lebih relevan untuk memberikan dukungan pelanggan yang hebat namun mudah. Mereka menjadi mahir dalam memecahkan kode kueri untuk menawarkan solusi kontekstual dan waktu nyata.

Faktanya, Adobe melaporkan bahwa 36% konsumen memiliki speaker pintar seperti Google Home dan Amazon Echo saat ini, dan 54% pemilik mengatakan speaker mereka akurat dalam memahami bahasa percakapan. Memang, ada ruang lingkup besar untuk chatbot asisten suara dan perangkat asisten suara untuk berkembang di masa depan.

Tinggalkan komentar